Minggu, 29 Mei 2011

Juventus Bangun Museum Kenang Tragedi Heysel






26 tahun yang lalu terjadi sebuah tragedi yang sangat memilukan hati, 39 nyawa melayang akibat kebrutalan suporter di Stadion Heysel, Brussels.

Pada 29 Mei 2985, pertandingan final Piala Eropa yang mempertemukan Juventus dan Liverpool menjadi salah satu sejarah sepak bola yang terburuk.

Kala itu, suporter Liverpool merobohkan dinding stadion Heysel, sebelum pertandingan dimulai, setelah itu terjadi kekacauan dan juga tindak kekerasan, dilaporkan 39 nyawa melayang dan 600 suporter mengalami cedera.

Pertandingan tersebut akhirnya dimenangkan oleh Juventus dengan skor 1-0, dimana Michel Platini menjadi pahlawan Juve. Namun, meski Juve menang, hari tersebut lebih dikenang sebagai hari terkelam dalam sejarah klub.


Untuk mengenang tragedi tersebut dibuatlah sebuah monumen yang terbuat dari batu-batuan yang berasal dari Italia dan Belgia, di monumen tersebut tertulis sebuah puisi yang berjudul "Funeral Blues" yang dibuat oleh penyair Inggris, W.H. Auden.

Selain itu tertulis nama-nama orang yang menjadi korban atas tragedi tersebut.

Kini setelah 26 tahun berlalu, Juventus akan membuat sebuah museum yang akan ditempatkan di salah satu ruang di stadion baru Juve.

Pada museum tersebut akan dihiasi oleh 39 bintang kecil yang menandakan jumlah korban yang tewas, selain itu ada sebuah bintang yang didedikasikan kepada Gaetano Scirea kapten Juventus di pertandingan tersebut.

Rencananya, Museum Juventus tersebut akan dibuka pada musim panas 2012, keluarga para korban akan diberikan akses khusus untuk masuk ke museum tersebut dan juga mereka tak akan dikenakan biaya masuk alias gratis.

Sumber : Bola.net


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More